Rabu, 23 Maret 2016

10 Tips Memulai Pembuatan Game (Pertamamu)

Setelah kamu membaca artikel tentang membuat game pertamamu dimana kamu harus memulai dari target penyelesaian yang kecil, maksimalkan potensi yang kamu punya, tanyakan internet kalau kamu stuck atau buntu dan jangan menyerah, aku akan memberi tips dalam pembuatan game secara praktis khususnya pada pembuatan game pertamamu.

Tips #1 - Production Time (Waktu pengerjaan)

Jangan rencanakan sebuah project yang memerlukan dirimu untuk mengerjakan hingga lebih dari sebulan atau mungkin bahkan berbulan-bulan. Percayalah skillmu untuk membuat game akan semakin baik dalam setiap game yang kamu buat, dan ketika kamu sudah mencapai titik itu, mungkin kamu tidak akan berbangga bangga lagi dengan game pertamamu, mungkin kamu akan meninggalkan project game kecilmu setelah mengetahui bagaimana mengerjakan sebuah game dengan baik dan cepat dan memulai mengerjakan project game baru dari nol (0) dengan berbekal pengalaman pembuatan game sebelumnya.

Tips #2 - Manajemen Waktu Pembuatan Game
Pengalaman untuk membuat game di awal awal mungkin akan membutuhkan kamu untuk membuat game lebih dari sebulan, tidak ada referensi untuk belajar atau dicontoh, mengerjakan pekerjaan lain sehingga tidak ada waktu, dan sebagainya, tapi jangan khawatir, semua professional dalam bidang apapun juga melalui tahap ini. Seiring berjalannya waktu kamu nantinya akan bisa menambah jadwal pengerjaan gamemu menjadi lebih banyak. Dalam dunia pengembangan game, banyak hal tak terduga sering terjadi dan bisa menjadi sebuah tantangan untukmu agar bisa mengatasinya.
Apabila kamu melewati batas waktu 1 bulan jangan panik, karena hal itu masih bisa ditoleransi, tetapi jika project game pertamamu telah memakan waktu hingga 3 bulan berarti jangkauan game pertamamu terlalu besar. Ambil pelajaran dari hal itu dan mulailah project game yang lebih kecil dalam project yang akan datang

Tips #3 - Desain Game
Jangan terlalu memikirkan desain game yang kamu buat, meskipun kamu merasa desainnya terlalu sederhana atau aneh itu wajar karena ini masih game pertama. Jangan mendesain game, sistem, mekanik selama berminggu minggu yang kamu sendiri belum tau bagaimana cara mengimplementasikannya dalam gamemu. Dalam game pertama, buatlah game dan jadikanlah secepat mungkin tak peduli hasil akhirnya bagaimana. Dalam waktu waktu seperti ini, pengalaman jauh lebih berharga daripada hasil akhir.

Tips #4 - Tentukan Target
Yang satu ini sering dianggap remeh, apalagi untuk sebuah project kecil, tetapi akan sangat berguna ketika diimplementasikan dan waktu yang kamu punya dapat kamu manfaatkan sebaik baiknya. Apabila kamu telah mengira ngira sebuah project akan memakan waktu sekitar sebulan, tentukan target apa saja yang harus dicapai tiap minggunya.

Tips #5 - Pecahkan Target Yang Ada Menjadi Target Target Yang Lebih Kecil


Setelah kamu tentukan target apa yang harus tercapai sebelumnya, ada baiknya juga dalam 1 minggu itu target apa saja yang harus kamu capai setiap harinya untuk mencapai target 1 minggu itu tadi. Tips ini tidak hanya berguna untuk game pertamamu tetapi untuk semua project game lainnya. Membuat game engine atau menyelesaikan semua desain karakter yang kompleks lengkap dengan detailnya adalah sebuah pekerjaan yang terlalu besar untuk dijadikan sebuah target. Mengimplementasikan sebuah fungsi dalam engine atau melakukan rigging animasi pada salah satu desain karakter adalah contoh target yang telah dipecah dari target yang besar tadi dan sebenarnya target ini juga masih dapat dipecah lagi. Buat task list, catat apa saja yang belum dan telah selesai dikerjakan akan membantu dirimu untuk memberitau pekerjaan sudah ada progres sampai dimana.

Tips #6 - Kirim Email Devlog pada dirimu sendiri

Di tiap awal minggu, kirimkanlah email berisi devlog (development log) yang memberitahumu hal hal apa saja yang telah kamu lakukan seminggu yang lalu dan apa saja rencana yang akan kamu kerjakan seminggu yang akan datang. Lalu bandingkan emailnya dengan email minggu lalu. Ini adalah cara yang cukup cepat dan agak licik untuk memastikan tidak ada hal yang terlewat atau menyimpang dari jadwal pembuatan gamemu, selain itu dapat membantu untuk mengorganisir waktumu tiap minggunya.

Tips #7 - Review Game
Lakukan review pada / lihat kembali project gamemu setidaknya seminggu sekali. Meskipun kehidupan diluar project game mulai berat dengan banyaknya pekerjaan, tugas, PR, tanggung jawab yang dibebankan padamu banyak menghambat dirimu untuk melakukan progres pada game buatanmu, buatlah dirimu agar melihat project gamemu setidaknya selama setengah jam dalam seminggu. Adalah hal yang sangat mudah membuat waktu berjalan begitu cepat hingga tak terasa sudah 2 minggu berlalu tanpa menyentuh project gamemu. Jika itu terjadi lalu kamu kembali menyentuh project gamemu setelah ditinggal begitu lama, kamu mungkin akan kebingungan sampai mana progres project game buatanmu dan apa saja yang tela kamu lakukan. Inilah yang membuat banyak orang berhenti dan menyerah menyelesaikan project, JANGAN BIARKAN HAL INI TERJADI PADAMU

Tips #8 - Kualitas Game
Jangan khawatir dengan kualitas game pertamamu. Kebanyakan orang ingin hasil karya mereka terlihat bagus atau terdengar bagus. Jika gamemu sudah asik untuk dimainkan, kamu akan punya waktu untuk polis (mempoles) gamemu menjadi terlihat lebih baik nanti. Polish art dan sound tidak terlalu penting untuk game pertamamu. Ketahuilah bahwa ada banyak game bagus dan asik untuk dimainkan yang hanya dibuat dari kotak berjalan, seperti contonya dibawah ini:

Tips #9 - Manfaatkan Penyelesaian Masalah Orang Lain
 

Jika kamu telah menemukan satu titik buntu dalam progres pembuatan game mu, jangan paksakan dirimu untuk menyelesaikannya sendiri hingga membuatmu menghabiskan waktu berjam jam atau bahkan berminggu minggu hanya untuk menyelesaikan satu masalah, dan ketika kamu mulai meneruskan progres kembali, kamu akan menyadari bahwa progres game mu selama waktu yang kamu gunakan untuk menyelesaikan satu masalah sangat sedikit atau hampir tidak ada progres sama sekali dibandingkan waktu yang lama. Banyak tutorial di luar sana yang mampu menjawab masalah yang kamu punya, manfaatkan sebaik baiknya. Jangan mencoba untuk menyelesaikan suatu masalah yang telah diselesaikan oleh orang lain, tapi pelajarilah bagaimana orang lain menyelesaikan masalah yang sedang kamu hadapi.

Tips #10 - Buat Orang Lain Mainkan Gamemu
Ini tips terakhir dalam artikel ini dan ini adalah hal yang paling penting, buatlah orang lain untuk memainkan gamemu. Mungkin kamu tidak percaya diri dengan hasil akhir game yang kamu buat, malu karena kualitas yang dibawah rata rata dan kamu mungkin akan membandinkang game buatanmu dengan game sekelas AAA seperti Final Fantasy, Call of Duty, Metal Gear Solid, Dark Soul, Hyperdimension Neptunia, dan lain sebagainya. Tapi percayalah, jika game mu dimainkan oleh orang lain kamu akan mendapatkan banyak pelajaran yang berharga dari reaksi, feedback, komentar dan saran dari orang orang yang memainkan gamemu. Dari sana kamu akan banyak belajar bagaimana membuat gamemu selanjutnya lebih baik. Satu langkah kecil akan menuntun pada sesuatu yang besar nantinya. 

Artikel ini bersumber dari video berikut dengan beberapa perubahan:


Semoga ilmu ini bermanfaat
.Game Tutorial Indonesia

Share this

0 Comment to "10 Tips Memulai Pembuatan Game (Pertamamu)"

Posting Komentar