Jumat, 18 Maret 2016

Membuat Game Pertamamu

 
Sebagian besar gamer seperti aku dan kamu pasti sering bermain game yang bagus, membuat kita puas, senang, nostalgia, dan berbagai macam perasaan lainnya. Dan di suatu titik kita pasti pernah berpikir ingin membuat game yang serupa tapi lebih bagus dengan penambahan ini itu, penggabungan fitur ini itu bahkan digabung dengan fitur dari game lain dengan berbagai ekspektasi game impian yang luar biasa. Dari sana kita pasti mulai mencari bagaimana cara membuat game, mencari game engine yang ada, mengopreknya, mencobanya, mulai membuat gamenya, dan di tengah jalan kita tinggalkan begitu saja hanya karena frustasi dengan banyaknya eror dan masalah baik dari segi pembuatan game dan kehidupan kita. Padahal sayang sekali game yang telah dibuat susah payah, dengan sepenuh hati dan tulus dikerjakan, ditinggal begitu saja di tengah jalan.

Ketahuilah masalah utama yang dihadapi oleh game developer pemula adalah
SCOPE (jangkauan)
apakah tim yang kamu punya cukup solid untuk mengerjakan game impian? baik kerja sama, komunikasi, skill, waktu, dan banyak faktor lainnya untuk mengerjakan sebuah game impian, apakah semuanya sudah dimiliki?

game game dengan rating AAA seperti Final Fantasy, Call of Duty, Devil May Cry,  dikerjakan oleh ratusan, bahkan ribuan orang dengan job masing-masing yang saling melengkapi. Dan game tersebut bahkan dikerjakan selama beberapa tahun
Jika kamu hanya memiliki tim minimalis dan tetap optimis dengan apa yang kamu punya saat baru memulai, bisa saja kamu akan menghabiskan seumur hidupmu hanya untuk membuat 1 game impian itu tadi, tapi hasil yang kamu dapatkan tetap saja tidak akan sama dengan game AAA yang kamu jadikan referensi untuk membuat game impian bahkan mungkin tidak mendekati sama sekali. Realitanya, game pertamamu bahkan mungkin tidak bisa setara dengan Super Mario Bros pada konsol NES dengan semua level dan balancingnya

Goal atau tujuan akhir pada game pertamamu seharusnya adalah menyelesaikan game yang kamu buat. Meskipun game tersebut hanya memiliki 1 level, dengan balancing, animasi, sprite seadanya tapi jadikanlah itu sebuah game yang utuh. Pikirkanlah game pertama dan game game buatan awalmu adalah sebagai latihan untuk membuat game yang lebih bagus dan semakin mendekati game impianmu, bukan sebagai game pamungkas yang langsung jadi best game buatanmu. Kalau kamu memulai game pertama dengan project yang besar, kamu akan bingung harus dimulai darimana karena belum pernah melakukan ini sebelumnya. Mungkin kamu akan mencoba mengerjakan sedikit demi sedikit namun setelah melakukan progress dan melihat tujuan akhir game impianmu, kamu akan merasa tidak ada progress yang berarti dan itu bisa membuatmu sangat frustasi. Maka dari itu buatlah game pertamamu sesimple mungkin, sesederhana mungkin.


Mungkin game pertamamu nantinya hanya akan menjadi sebuah game dengan 1 level, dengan genre platformer yang memiliki collision (tabrakan) yang kacau, tapi banggalah, karena kamu telah menyelesaikan game pertamamu. Setelahnya coba ajak temanmu untuk memainkan game buatanmu tersebut. Apabila mereka bingung dengan game buatanmu, jangan patah semangat karena kamu tahu lebih banyak tentang bagaimana membuat game karena sebenarnya tidak mudah, dan yang paling penting kamu bisa membuat sesuatu yang lebih bagus dan lebih cepat pada game selanjutnya. Tidak lama setelahnya pasti akan ada fans atau orang orang yang bertanya game apa yang sedang kamu buat dan mereka tidak sabar untuk memainkannya.

kemudian masalah kedua yang biasanya dihadapi oleh game developer pemula adalah
Keterikatan Ide
 Yang satu ini memang kedengarannya aneh, tapi, jangan buat game pertamamu dengan ide yang sangat spesifik. Tapi mulailah game pertamamu dengan apa yang bisa kamu buat dan desainlah game mu dalam lingkaran itu. Jangan sampai dengan ide yang terlalu spesifik itu akan membuatmu cukup frustasi karena skill yang kamu punya belum cukup untuk membuat game dengan ide yang cukup spesifik itu tadi. Mulailah dengan mencari ide yang sederhana dan umum, carilah tutorialnya di internet, dan mulailah membuat game yang kamu cukup yakin bisa mengerjakan dan menyelesaikannya. Boleh saja apabila kamu masih bingung pada beberapa bagian, tapi pastikan bagian tersebut bisa kamu atasi nanti baik dengan mengakalinya atau bertanya pada ahlinya atau mungkin mencari tutorial yang mampu menjelaskan lebih baik dan lebih lengkap. Game engine yang cukup populer seperti Unity, Construct2, Game Maker, dan sebagainya memiliki pengguna yang sangat banyak dan mereka mau untuk berbagi ilmunya menggunakan game engine tersebut. Temukan mereka,lihat mereka, pelajari mereka. Dan janganlah takut untuk melakukan coding.


Kebanyakan orang takut untuk melakukan coding, tapi jika kamu bisa mendesain gamemu dengan benar, kamu akan kaget betapa sedikitnya coding yang diperlukan untuk membuat gamemu. Dan mungkin kamu bisa merasakan betapa asiknya coding untuk game (maklum, penulis sendiri perannya programmer di gamedev).

Sekali lagi, untuk game pertama buatanmu, mulailah dari yang kecil dan sederhana. Kamu akan banyak belajar di sela sela pembuatan game sederhana di awal awal karir game development. Mulailah dari apa yang kamu bisa dan tingkatkan skill di area itu. Jika kamu adalah Artist (orang yang membuat aset untuk game) dan tidak bisa coding dengan baik maka poleslah game buatanmu dengan grafis yang bagus meskipun coding yang kamu lakukan sangat minimalis, apabila kamu adalah programmer yang tidak bisa menggambar jangan takut, karena diluar sana banyak game yang disebut dengan game yang memiliki dengan grafis minimal seperti contoh dibawah ini.


Kemudian apabila ada art, atau coding yang tidak bisa diakali atau dibuat sendiri bahkan dengan meminta bantuan para ahli jangan khawatir, pergilah ke asset store. Asset Store menyediakan asset untuk game dimulai dari art (karakter, background, animasi, dll), sound, script / plugin, dan masih banyak lagi. Beberapa Asset Store yang bisa ditemukan

Hal terakhir yang perlu ditanamkan pada semua game developer adalah
NEVER GIVE UP
Kehidupan kita pasti memiliki banyak masalah dan kendala dan itu wajar saja. Kebanyakan orang memulai karirnya sambil mengerjakan pekerjaan lain dalam hidupnya untuk bertahan hidup atau  pelajar yang masih melakukan tugasnya untuk belajar di sekolah. Mungkin pada satu waktu akan terjadi saat dimana kamu akan meninggalkan pembuatan gamemu selama berhari hari atau bahkan berminggu minggu sebelum kembali mengerjakan kembali gamemu, memang akan menjadi sebuah perjuangan besar di awal awal. Aku tidak punya kata kata yang dapat memotivasi untuk bagian ini tapi yang bisa aku katakan adalah semua hal yang baik memiliki progres dan perjuangan yang cukup berat, jadi percayailah perjuangan yang kamu lakukan tidak akan sia sia. Seiring berjalannya waktu dimana nanti kamu memiliki skill yang mumpuni untuk membuat game yang bagus dan cepat, maka kamu bisa fokus untuk mengerjakan game dan menjadi satu satunya pekerjaan dimana kamu mencari uang. Tetap Semangat!!


Materi ini terinspirasi dengan sedikit modifikasi dari video berikut:


Semoga ilmu ini bermanfaat

Share this

0 Comment to "Membuat Game Pertamamu"

Posting Komentar